ETS - GTO

RANCANGAN CLASS

Transaksi akan dilakukan dengan prosedur sebagai berikut :
  • Pengguna akan menempelkan kartu E-Money pada mesin GTO (sebagai pengganti input untuk scan kartu, maka akan diminta input user ID untuk validasi)
  • Jika user ID terdaftar pada sistem, maka pengguna akan dihadapkan pada beberapa pilihan, jika tidak, maka pengguna akan diminta untuk re-input
  • Pilihan yang tersedia antara lain untuk cek saldo, memilih tujuan (diperuntukkan apabila ingin sistem transaksi tol terbuka) dan melakukan transaksi, dan exit
  • Setiap kali transaksi yang berhasil akan mendapatkan struk yang berisi nama perusahaan, tanggal transaksi, tarif, dan sisa saldo
Berikut gambaran hubungan antar class :


Penjelasan Class :
  1. Class GTO : Class ini merupakan class yang akan dijalankan paling pertama, karena ibaratnya class ini adalah yang menjadi mesin GTO-nya (berisi pilihan menu).
  2. Class Screen : Class ini berfungsi untuk menjalankan segala proses yang akan menampilkan/mendisplay output, UI, dsb.
  3. Class Keypad : Class ini berfungsi untuk menerima input dari pengguna.
  4. Class CashDispenser : Class ini berperan untuk melakukan pegecekan terutama apakah sisa saldo cukup untuk melakukan transaksi atau tidak.
  5. Class Transaction : Class ini mengatur transaksi utama yaitu pembayaran dan sisa saldo.
  6. Class Withdrawal : Class ini merupakan turunan dari Transaction yang berfungsi untuk mengatur proses pembayaran dengan mengecek variabel-variabel tertentu pada program.
  7. Class BalanceInquiry : Class ini juga merupakan turunan dari Transaction yang berfungsi untuk mengeluarkan output berupa informasi jumlah saldo saat ini.
  8. Class BankDatabase : Class ini berperan sebagai pengatur database pengguna (menyimpan ID user dan total saldo).
  9. Class Account : Class ini berfungsi untuk mengecek apakah input yang dimasukkan sesuai dengan database dan dapat memanggil fungsi untuk memperoleh nilai saldo.
  10. Class GTOCaseStudy : Class ini berperan selayaknya main program (penjalan program). Class ini nantinya akan memanggil class GTO supaya program mesin dapat dijalankan.

RANCANGAN OUTPUT

  • Pertama-tama Screen akan menampilkan perintah untuk memasukkan user ID, jika sesuai dengan Database maka akan muncul pilihan menu, jika tidak maka mesin akan meminta untuk coba lagi
  • Setelah tervalidasi, pengguna dapat melakukan cek saldo terlebih dahulu atau langsung ke transaksi
  • Setiap transaksi yang berhasil, pengguna akan mendapatkan struk yang berisi nama perusahaan, tanggal transaksi, tarif biaya, dan sisa saldo
  • Jika selesai, pengguna dapat mengakses menu kembali atau langsung sudahi dengan exit

SOURCECODE PROGRAM

Class GTO



Class Screen



Class Keypad



Class CashDispenser



Class Transaction



Class Withdrawal



Class BalanceInquiry



Class BankDatabase



Class Account



Class GTOCaseStudy



Output :




.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Final Project PBO Game Brick Breaker